Senin, 26 September 2011

Waspadai Kesemutan (Parastesia)


WASPADAI SERING KESEMUTAN, PERTANDA PENYAKIT SERIUS

Karena sifatnya easy come-easy go kebanyakan orang menganggap kesemutan adalah hal yang sepele. Padahal kesemutan justru bisa jadi pertanda adanya hal-hal yang lebih serius.
Kesemutan merupakan sensasi abnormal yang sebenarnya dapat terjadi diseluruh tubuh, namun paling sering terjadi di jari,tangan,kaki,lengan ataupun tungkai. Yang paling sederhana dan sering terjadi adalah kesemutan timbul setelah kita duduk atau berdiri dalam posisi yang sama cukup lama. Perubahan posisi dan pergerakan tubuh dapat mengurangi kesemutan yang disebabkan oleh posisi. Namun jika kesemutan tak kunjung hilang, kita patut WASPADA.
Jika kesemutan itu terjadi disatu bagian tubuh, kemudian menjalar ke bagian tubuh lain disekitar nya dan memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya. Kita patut waspada, bisa jadi itu adalah manifestasi tumor dibagian depan otak. Sebuah penyakit amat serius dengan gejala awal sepele.
Dalam bahasa medis kesemutan berarti parastesia. Suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Sensasi parastesi ini tidak hanya rasa kesemutan namun juga rasa panas, rasa seperti ditusuk-tusuk. Rasa kesemutan dapat dirasakan ditangan,kaki,dimuka maupun diseluruh bagian tubuh kita.
Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan system saraf sensorik akibat rangsang listrik disistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana misalnya jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.
Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor dikulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita seharusnya lebih waspada jika ada gejala lain diluar kesemutan . bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan,pendengaran, gabungan keduanya atau lainnya. Kesemutan dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain :
a.       Trauma pada saraf, misalnya jika kita mengalami trauma pada leher,maka kita bisa mengalami kesemutan dibagian lengan atau tangan. Jika trauma dipunggung maka kesemutan dapat timbul dibagian belakang tungkai
b.      Terdapat penekanan pada saraf tulang belakang misalnya akibat luka diskus tulang belakang yang mengalami herniasi tumor pada saraf
c.       Penekanan saraf tepi misalnya akibat pembesaran pembuluh darah, tumor,jaringan parut atau infeksi
d.      Infeksi herpes zoster yang mengiritasi saraf
e.       Berkurangnya aliran darah ke suatu area misalnya akibat plak kolesterol yang menyumbat pembuluh darah di kaki. Jika ini terjadi kita akan merasa nyeri saat berjalan jauh dan nyeri menghilang dengan istirahat
f.        Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh misalnya berkurangnya kadar kalsium,kalium atau natrium akibat berbagai hal.
g.       Penggunaan obat-obatan tertentu
h.       Kerusakan saraf akibat keracunan timbale atau alcohol
i.         Terapi radiasi
j.         Kekurangan vitamin B12

Selain penyebab diatas,kesemutan dapat timbul sebagai bagian dari penyakit tertentu seperti carpal tunnel syndrome,diabetes mellitus,sklerosis multiple,dan stroke. Bila kesemutan tak hilang dengan dikibaskan dan mulai terjadi hampir setiap hari, bisa jadi pertanda penyakit serius. Beberapa penyakit yang ditandai dengan kesemutan :
1.      Radang Sumsum Tulang Belakang(myelitis)
Gejalanya kesemutan didahului flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung kaki sampai ke pusar.
2.      Diabetes Melitus
Kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah.
3.      Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Gejalanya kesemutan menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan dan berkembang menjadi rasa tebal saat digunakan beraktivitas.
4.      Rematik
Gejalanya kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh
5.      Jantung
Kesemutan dapat timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya
Ada beberapa tanda bahaya yang perlu kita waspadai. Jika kita mengalami salah satu diantaranya,maka perlu berkonsultasi dengan dokter.

CARA MUDAH MENGATASI KESEMUTAN
Kebiasaan kita dalam menggunakan dan memperlakukan anggota badan merupakan penyebab kesemutan. Kedisiplinan dalam menjaga kestabilan struktur tubuh sangat penting dijaga agar kesemutan tidak mendera. Berikut adalah cara mudah mencegah kesemutan :
1.      Setelah memutar obeng,menyetir atau kegiatan lain yang menggunakan pergelangan tangan,cobalah untuk menutup dan membuka telapak tangan perlahan
2.      Jika duduk menyilang usahakan mengganti posisi kaki dan membiarkan kaki yang kesemutan bebas sehingga darah kembali mengalir
3.      Usahakan tidur dengan posisi yang bagus.tidak menyilang kedua tangan diatas kepala
4.      Mengetik dengan pergelangan tangan tidak menyentuh meja
5.      Jangan terlalu lama bertopang dagu karena kebiasaan ini bisa membuat tangan kita kesemutan
6.      Hindari tidur diatas permukaan yang terlampau keras karena bisa membuat saraf lebih mudah tertekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar