Kamis, 26 Januari 2012

:: Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kulit ::


KuLit merupakan bagian tubuh yang paling penting dan harus dirawat, sebab kulit menentukan tampilan seseorang. Untuk itu, kulit perlu perawatan tertentu agar kulit selalu sehat dan tetap putih sepanjang hari.
Pada umumnya kulit dapat terkena iritasi, jerawat, flek hitam, kering dan terkena radikal bebas. Untuk mencegah hal tersebut kita dapat menggunakan produk kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit kita. Makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan agar kulit dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya sepanjang hari. Umumnya nutrisi dapat kita dapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita juga dapat memenuhinya dengan produk nutrisi-nutrisi bagi kulit yang ada dipasaran saat ini. Upayakan kulit selalu mendapat perawatan khusus seperti nutrisi tersebut. Kita juga dapat menambahkan bahan-bahan alami untuk lulur kulit. Seperti dengan menggunakan kunir untuk perawatan kulit.
Keadaan lingkungan seperti paparan sinar matahari, radikal bebas, cuaca, udara dan lain sebagainya, dapat diatasi dengan menggunakan produk sun block atau lotion yang lainnya. Sebab jika kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menimbulkan iritasi bagi kulit. Jangan lupa juga sering-sering minum air putih, karena dengan minum banyak air dapat mambantu membuang toksin dalam badan, menjaga kesehatan kulit dan membantu membakar kalori dalam badan. Olahraga juga baik bagi kesehatan kulit. Seperti senam selain baik untuk kesehatan ternyata baik juga untuk kulit. Agar tetap selalu kencang dan untuk melancarkan kembali peredaran darah. Keringat yang keluar juga baik untuk kulit, agar kotoran yang ada dalam pori-pori / kulit dapat keluar.

BAHAN ALAMI PERAWATAN KULIT
Bagi sebagian wanita memiliki kulit yang halus, bersih adalah keharusan karena itu adalah daya tarik bagi lawan jenis. Tapi sadarkah kita, kalau sebenarnya kita tidak memerlukan kosmetik bermerek yang mahal harganya untuk mendapatkan kulit yang halus. Ternyata cara alami saja sudah cukup. Ada berbagai macam cara alami dalam perawatan kulit, berikut beberapa diantaranya :
1.      Noda dan skar
Ada dua solusi efektif untuk mengatasi noda-noda dan skar, yaitu menggunakan pasta sandalwood (dibuat dengan air mawar) dan pasta lemon(dengan madu). Lemon berfungsi sebagai pemutih alami dan membantu menghilangkan semua noda dan skar ringan dari kulit secara berangsur. Pada bulan-bulan musim panas, mengaplikasikan mentimun parut yang dicampur beberapa tetes air jeruk lemon ke wajah bukan hanya akan menghilangkan skar, tapi juga menghasilkan kemilau alami dikulit wajah.

2.      Keriput
Madu adalah salah satu obat rumahan alami terbaik untuk kulit. Madu membantu melembutkan dan menghaluskan kulti juga mengurangi keriput atau kerut-kerut dikulit wajah. Antioksidan alami itu dan sifat anti-mikrobial madu membantu kulit menyerap dan menyimpan kelembaban sehingga melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

3.      Kulit mati
Kulit mati menyebabkan beberapa macam problem kulit dan menghilangkan kilau alami dari wajah. Untuk mengenyahkan lapisan kulit mati dari wajah, obat rumahan yang paling efektif adalah oatmeal pack. Penggunaan oatmeal pack (yang dibuat dari beberapa tetes air jeruk lemon) secara teratur akan membantu menghilangkan lapisan kulit mati dari wajah.

4.      Kulit kusam dan kasar
Obat rumahan terbaik untuk kulit yang kasar, kusam dan warnanya tidak merata adalah jus nanas atau papaya yang dilumatkan. Kedua ramuan ini juga bisa digunakan secara bersama, yakni untuk masker wajah dan jus nanas sebagai pembersihnya. Kedua buah ini mengandung enzim-enzim yang membantu membuat kulit tampak lembut dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar