Rabu, 18 Januari 2012

KenaLi Penyebab Rambut Rontok


Rambut Lebat dan subur adalah dambaan semua orang, terutama perempuan yang sangat menginginkan rambut yang indah. Namun, sering terjadi rambut rontok karena hal-hal sepele yang kita sebabkan sendiri tanpa sengaja. Kerontokan rambut mempengaruhi rasa percaya diri pemiLiknya. Bagaimana menjaga agar rambut tetap indah dan terhindar dari kerontokan??
                Kerontokan rambut bisa disebabkan karena beberapa hal, bisa karena kebisaaan merawat rambut yang tidak baik, kondisi tubuh yang tidak sehat atau bisa juga karena keturunan. “kebiasaan yang tidak baik seperti menggunakan sisir yang bergerigi rapat, terlalu sering memanaskan rambut dengan hair dryer , hot curling ataupun fLat iron. Bisa juga karena terlalu sering mengikat rambut dengan karet kerat. Keseringan mencuci rambut dalam sehari sampai tiga kali mengakibatkan kadar minyak alami dirambut berkurang dan rambut mudah patah.
                Kerontokan rambut juga ada hubungannya dengan jamur dikulit kepala dan penyakit psoriasis. Bila penyebabnya karena kondisi tubuh yang tidak sehat, kita bias perbaiki kondisi tersebut dengan makan yang sehat. Namun , jika usaha yang sudah dilakukan tidak membuahkan hasil, sebaiknya dating ke dokter.

TIPS MENCEGAH RAMBUT RONTOK :
1.      rawatLah rambut secara teratur dengan keramas 2x seminggu. seLaLu berkeramas dengan shampoo setelah berenang diLaut atau koLam renang untuk menyingkirkan garam dan klorin yang dapat merusak rambut. Pastikan anda selalu membilas rambut sampai bersih setelah selesai berkeramas. Kalau perlu lakukan masker atau perawatan rambut.
2.      Pakai kondisioner pada seluruh rambut. Penggunaan kondisioner setelah keramas mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk menyisir rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Penggunaan kondisioner terutama sangat dibutuhkan bila rambut anda kering.
3.      Pakai shampoo herbal. Pilih shampoo untuk rambut kering, normal, berminyak sesuai dengan kondisi rambut anda.
4.      Pakailah sisir yang bergigi jarang
5.      Jangan memakai air panas saat keramas
6.      Keringkan rambut tanpa hair dryer. Kalau mengeringkan dengan handuk jangan dikucek-kucek. Rambut akan mudah tercabut dari akar rambutnya
7.      Pakai hair tonic atau serum, kalau bias mengandung ginseng
8.      Hindari pemakaian jepit atau karet
9.      Hindari minuman yang mengandung kafein
10.  Makan makanan yang bergizi, banyak protein dan zat besi yang bias diperoleh pada ikan, telur, kacang-kacangan, yougurt dan kedelai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar