Sabtu, 03 Desember 2011

Jangan SepeLekan Penyakit Ambeien


Ambeien atau wasir dalam istilah kedokteran disebut hemoroid. Gangguan ini terjadi karena pembuluh-pembuluh darah didaerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar tersebut akan ditutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama kelamaan membengkak sehingga membentuk tonjolan. Secara anatomi sebenarnya ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan perubahan pada bantalan pembuluh darah didaerah dubur. Dimana pada bagian dubur terdapat tiga pembuluh darah atau arteri. Jika salah satunya terganggu atau terdapat bendungan aliran darah maka pembuluh tersebut akan melebar atau membengkak. Hal ini yang disebut ambeien.
Beberapa hal yang memicu terjadinya ambeien yaitu factor usia, kehamilan, kram saat mengejan, berada dalam posisi duduk atau berdiri terlalu lama, sering mengangkat beban yang berat, sembelit kronis, usus besar yang tidak berfungsi dengan baik karena penggunaan  pencahar berlebih, diare kronis yang sering BAB, sering makan makanan yang mengandung banyak cabe dan rempah-rempah yang memicu melebarnya pembuluh darah.
Wasir atau ambeien ada dua macam yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat dan muncul menonjol keluar seperti wasir luar. Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat BAB,jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus dioperasi untuk membuang wasir. Pada wasir dalam ini ada beberapa stadium yaitu :
1.      Stadium 1 : tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai BAB
2.      Stadium 2 : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai BAB, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri
3.      Stadium 3 : ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai BAB tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong
4.      Stadium 4 : tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi.
Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan BAB karena terasa sakit apabila bibir anus atau sfinchter anal mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.
Sedangkan wasir luar merupakan varises dibawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal. Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada diluar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi thrombus (darah beku)
Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir sebagai berikut :
-          Jalankan pola hidup sehat
-          Olahraga secara teratur
-          Makan-makanan berserat
-          Hindari terlalu banyak duduk ditoilet
-          Jangan merokok dan minum-minuman keras
-          Minum air yang cukup
-          Duduk berendam pada air yang hangat
-          Minum obat sesuai anjuran dokter serta melakukan konsultasi dokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar